Tutorial Cara Membuat Bayangan Bentuk 3D Dasar

Tutorial ini menjelaskan cara membuat bayangan bentuk 3D dasar seperti kubus, bola, silinder, dan kerucut. Bentuk-bentuk ini dapat dianggap sebagai "blok bangunan" untuk menggambar objek yang lebih kompleks.

       Contoh gambar bentuk tiga dimensi

Belajar menggambar dan membuat bayangan bentuk tiga dimensi dasar dengan benar sangat penting bagi seniman pemula.

Harap perhatikan bahwa untuk menjaga agar tutorial tetap akurat, semua contoh diambil dari objek di dunia nyata . Akibatnya, hal ini juga menciptakan beberapa variasi kecil dalam kondisi pencahayaan di antara objek tersebut karena sumber cahaya utama (matahari) bergerak sepanjang hari. Hal ini dinyatakan secara sederhana agar Anda mengetahui mengapa beberapa pencahayaan sedikit berbeda dan tidak berdampak nyata pada tutorial. Semua objek masih memiliki satu sumber cahaya utama yang datang dari kiri atas dan sedikit ke depan. Jika Anda memiliki salah satu dari objek ini di depan Anda dalam pengaturan pencahayaan yang sama, maka cahayanya akan datang dari bahu kiri Anda.

Sebelum memulai tutorial ini Anda mungkin juga ingin mempelajari berbagai jenis goresan bayangan dengan melihat:

Tutorial Menggambar Teknik Shading dan Jenis Stroke


Perlu diketahui juga bahwa seniman yang berbeda mungkin lebih menyukai metode pewarnaan yang berbeda. Misalnya, beberapa seniman mungkin menggunakan sapuan satu arah yang sederhana, sedangkan metode dalam tutorial ini adalah menerapkan sapuan sedemikian rupa untuk membantu menekankan bentuk objek.

Cara Membuat Bayangan pada Kubus


                    Gambar garis kubus

Mulailah dengan membuat gambar garis cahaya perspektif kubus. Anda dapat melihat Tutorial Menggambar Perspektif untuk Pemula untuk penjelasan tentang cara melakukannya.

               Gambar kubus berbayang

Sebelum menerapkan bayangan, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui. Salah satunya adalah bahwa kubus umumnya cenderung memiliki sisi terang, sedang, dan gelap. Yang lainnya adalah bahwa setiap sisi juga cenderung memiliki gradien terang ke gelapnya sendiri. Dalam contoh di atas, sisi atas kubus adalah yang paling terang dan sisi kanan paling gelap. Gradien di sisi kiri dan kanan kubus lebih terang ke arah bawah dan lebih gelap ke arah atas. Hal ini disebabkan oleh pantulan sumber cahaya utama dari permukaan tempat kubus berada.

Kubus juga akan menghasilkan bayangan tepat di seberang sumber cahaya. Dalam contoh ini, bayangan akan berada di sebelah kanan dan sedikit di belakangnya. Karena sumber cahaya utama cukup terang dan berada di atas kubus, maka akan menghasilkan bayangan pendek yang jelas. Karena kubus berwarna putih, bayangannya juga akan jauh lebih gelap.



Untuk proses pewarnaan kubus yang sebenarnya, Anda dapat menggunakan sapuan garis silang lurus. Untuk setiap sisi, pertama-tama buatlah serangkaian sapuan yang sejajar dengan garis perspektifnya, lalu aplikasikan serangkaian sapuan lain pada sudut yang berbeda. Serangkaian sapuan pertama akan membantu memperkuat bentuk kubus, sementara rangkaian lainnya akan membantu memadukan pewarnaan sehingga tampak lebih alami.

Anda juga dapat menggunakan garis silang untuk mengarsir bayangan. Mulailah dengan membuat guratan di sepanjang arah umumnya, lalu tambahkan lapisan kedua dengan sudut sedikit ke lapisan pertama. Buat bayangan lebih gelap di bagian dasar (dekat kubus) dan lebih terang saat menjauh darinya. Anda juga dapat membuat tepi bayangan lebih buram saat semakin jauh dari objek.

Cara Membuat Bayangan pada Bola


                    Gambar garis bola

Mulailah menggambar bola dengan hanya membuat lingkaran.


                Gambar bola berbayang

Untuk pengaturan dasar "satu sumber cahaya", kami menggunakan permukaan bola yang secara bertahap akan bertransisi dari titik paling terang (kiri atas dalam kasus ini) ke gelap lalu ke terang lagi. Transisi kedua akan terjadi karena cahaya yang dipantulkan dari permukaan tempatnya berada. Penting juga untuk dicatat bahwa area cahaya yang dihasilkan oleh pantulan tidak akan seterang area yang diterangi oleh sumber cahaya utama.

Area yang paling gelap adalah titik di mana lengkungan bola menghadap paling jauh dari sumber cahaya utama dan pantulan.

Mirip dengan contoh sebelumnya, bayangan akan terbentuk berlawanan dengan sumber cahaya utama (di sebelah kanan dan sedikit di belakang bola).

Saat mengarsir bola, pilihan yang baik adalah menggunakan sapuan garis lengkung yang tipis karena lengkungan dapat membantu menekankan bentuk bulat bola. Anda dapat menerapkan set pertama ke arah mana pun. Terapkan set kedua pada sudut yang sama dengan yang pertama.

Tidak seperti bola, Anda dapat menggunakan sapuan garis silang lurus untuk bayangan. Anda juga dapat menerapkan set pertama ke arah mana pun yang Anda suka dengan set kedua sedikit miring terhadap set pertama.

Buat bayangan lebih gelap ke arah (tepat di bawah bola) dan lebih terang saat menjauh darinya. Anda juga dapat membuat tepinya lebih buram saat semakin jauh dari objek.

Cara Membuat Bayangan pada Silinder


                   Gambar garis silinder

Mulailah dengan membuat gambar garis perspektif silinder. Anda dapat melihat Tutorial Cara Menggambar Silinder dalam Perspektif untuk petunjuk tentang cara melakukannya.


              Gambar silinder berbayang

Bayangan pada silinder akan menjadi semacam kombinasi antara bola dan kubus. Dalam pengaturan pencahayaan yang dijelaskan sebelumnya, bagian atas silinder akan terang sedangkan bagian lainnya akan berubah dari terang ke gelap, lalu menjadi terang lagi.

Saat lengkungan silinder semakin menjauh dari sumber cahaya utama, lengkungan tersebut akan menjadi lebih gelap. Setelah itu, lengkungan akan menjadi lebih terang lagi saat lengkungan tersebut semakin mengarah ke cahaya yang dipantulkan dari permukaan. Area yang paling gelap sekali lagi (seperti bola) akan menjadi titik lengkungan yang terjauh dari sumber cahaya utama dan cahaya yang dipantulkan.

Seperti dua contoh sebelumnya, bayangan akan terbentuk berlawanan arah dengan sumber cahaya utama (di sebelah kanan dan sedikit di belakang silinder).

Anda dapat menerapkan sapuan bayangan dalam garis silang melengkung yang membungkus sepanjang bentuk lengkung atas dan bawahnya.

Bayangan dibuat dengan membuat goresan garis silang lurus, lebih gelap di bagian pangkal dan lebih terang serta lebih kabur saat menjauh dari objek.

Cara Membuat Bayangan Piramida


                  Gambar garis piramida

Pertama buatlah gambar garis perspektif piramida. Untuk petunjuk tentang cara melakukannya, lihat:

Cara Menggambar Piramida dalam   Perspektif Satu Titik
• Cara Menggambar Piramida dalam   Perspektif Dua Titik


             Gambar piramida berbayang

Membuat bayangan pada gambar piramida seperti pada contoh ini cukup mudah karena hanya ada dua sisi yang terlihat. Sisi yang menghadap ke arah cahaya akan lebih terang dan sisi yang membelakanginya akan lebih gelap.

Mirip dengan kubus, setiap sisi piramida juga akan memiliki transisi terang ke gelap karena pantulan sumber cahaya utama dari permukaan tempatnya berada. Dalam pengaturan pencahayaan seperti pada contoh di atas, setiap sisi akan bertransisi dari bagian bawah yang lebih terang ke bagian atas yang lebih gelap.


Sama seperti contoh lainnya, bayangan akan mengarah langsung menjauhi sumber cahaya. Dalam kasus ini, bayangan akan mengarah ke kanan dan sedikit di belakang objek.

Mirip dengan kubus, aplikasikan dua set goresan lurus untuk membuat garis silang. Buat set pertama mengikuti garis perspektif di setiap sisi piramida dengan set kedua sedikit miring ke arah garis perspektif.

Buat bayangan lebih gelap di pangkal dan lebih terang serta lebih buram ke arah ujung.

Cara Membuat Bayangan Kerucut


         Gambar garis kerucut

Buatlah gambar perspektif kerucut. Untuk petunjuk tentang cara melakukannya, lihat tutorial Cara Menggambar Kerucut dalam Perspektif


    Gambar kerucut berbayang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kondisi pencahayaan untuk contoh khusus ini sedikit berbeda karena sumber cahaya utama akan sedikit lebih di depannya daripada contoh lainnya. Ini akan memindahkan area paling terang dari kerucut sedikit lebih ke arah tengahnya dan menciptakan gradien di sebelah kirinya yang bergerak dari kiri ke gelap. Sisi kanan kerucut akan bertransisi dari terang ke gelap dan kemudian menjadi terang lagi (dari cahaya yang dipantulkan).

Bayangan akan kembali menunjuk ke kanan dan sedikit di belakang objek (sedikit lebih ke belakang dalam contoh ini).

Mengarsir kerucut sangat mirip dengan mengarsir silinder, satu-satunya perbedaan adalah semuanya akan menyempit saat menuju ke atas. Sama seperti silinder, Anda dapat mengarsirnya dengan sapuan garis lengkung. Buat set pertama dengan lengkungan yang agak mirip dengan lengkungan bagian bawahnya dan set kedua dengan sedikit sudut sebagai pembanding.

Bayangannya akan hampir sama dengan bayangan piramida. Buat bayangan dengan sapuan garis lurus yang lebih gelap ke arah dasar dan lebih terang dan lebih buram ke arah ujung.

Cara Membuat Bayangan Prisma Segi Delapan


       Gambar garis prisma segi delapan

Mulailah dengan membuat gambar garis tipis prisma segi delapan. Untuk melakukannya, Anda dapat menggambar prisma persegi panjang terlebih dahulu, lalu "memangkas" sisi-sisinya untuk mendapatkan bentuk segi delapan. Anda dapat melihat lagi Tutorial Menggambar Perspektif untuk Pemula untuk mendapatkan bantuan.


  Gambar prisma segi delapan berbayang

Dalam kondisi pencahayaan yang dijelaskan sebelumnya, sisi paling terang dari prisma segi delapan akan berada di sebelah kiri dan sisi paling gelap di sebelah kanan. Sisi kiri dalam contoh ini menghadap hampir langsung ke sumber cahaya utama dan karenanya cukup terang sehingga tidak memerlukan naungan.

Sama seperti contoh lainnya, sisi lain prisma akan memiliki gradien terang ke gelapnya sendiri. Cahaya yang dipantulkan dari permukaan akan membuat gradien ini lebih terang ke arah bawah dan lebih gelap ke arah atas.

Bayangan akan dihasilkan berlawanan dengan sumber cahaya utama (tepat di seberang bagian kiri) di sebelah kanan dan di belakang prisma.

Karena sisi prisma cukup sempit, Anda dapat menggunakan satu set guratan satu arah atau garis silang untuk mengarsirnya. Dalam contoh ini, bagian tengah dibuat dengan guratan satu arah sementara sisi kanan yang lebih gelap dibuat dengan garis silang.

Arsirlah bayangan tersebut dengan menggunakan sapuan garis silang dengan set pertama sepanjang arah umumnya dan set kedua miring dalam kaitannya dengan set tersebut.

Untuk mengarsir objek serupa lainnya Anda juga dapat melihat:

Tutorial Cara Menggambar Pisang yang Realistis

Kesimpulan

Bentuk 3D ini merupakan blok bangunan dasar dari banyak objek yang lebih kompleks. Mempelajari cara menggambar dan mewarnainya dengan benar dapat mempermudah Anda untuk menggambar hal-hal yang lebih kompleks.

Untuk tutorial serupa lainnya, lihat juga:

Tutorial Dasar Membuat Bayangan Telur  Langkah demi Langkah
• Tutorial Cara Menggambar Buah Pir yang Realistis











Popular posts from this blog

Cara Membuat Gambar 3 Dimensi dengan Teknik dan Contohnya

Alat dan Bahan Menggambar Bentuk Obyek Tiga Dimensi